LOMBA REKAYASA TEKNOLOGIP5 FASE F SMA ANTARTIKA SIDOARJO

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dirancang untuk mengembangkan kompetensi dan karakter berdasarkan nilai-nilai pancasila. P5 diimplementasikan melalui berbagai kegiatan pembelajaran berbasis proyek untuk melatih kemampuan pemecahan masalah dan keterampilan peserta didik. Salah satu tema dalam P5 yakni, “Berekayasa dan Berteknologi untuk Membangun NKRI”. Tema ini bertujuan untuk meningkatkan kolaborasi peserta didik dalam berpikir kritis, kreatif, dan inovatif. Diharap peserta didik mampu membangun budaya smart society dengan menyelesaikan persoalan-persoalan di masyarakat sekitarnya melalui inovasi dan penerapan teknologi.

Dalam melaksanakan aksi tema “Berekayasa dan Berteknologi”, SMA Antartika Sidoarjo mengadakan Lomba Karya Rekayasa dan Teknologi untuk peserta didik fase F. Empat belas tim kelas berlomba membuat produk teknologi yang inovatif. Dimulai dari tahapan perencanaan, yang didampingi guru mata pelajaran Fisika, tim yang terdiri dari 4 peserta didik merancang ide produk rekayasa teknologi. Selanjutnya, dengan modal yang diberikan oleh sekolah sebesar Rp200.000, 00, per tim, mulai membuat produk. Pada tahap akhir, yakni pengujian dan penilaian, juri akan melakukan uji coba produk dan mengambil 4 karya terbaik dari 14 karya. Pemenang kompetisi ini adalah tim dari kelas XI-4 (Juara 1) dengan karya Alat Pendeteksi Api, Gas, dan Asap. Juara 2 dimenangkan oleh XI- 6, dengan karya Alat Penyiraman Tanaman Otomatis, alat ini berfungsi untuk menyiram dan memberi pupuk tanaman secara otomatis. Juara 3 diraih oleh XI-5, dengan karya Alat Penyiraman Tanaman Otomatis, alat ini berfungsi untuk menyiram tanaman secara otomatis dengan menggunakan sensor kelembapan tanah. Cara kerja alat tersebut yakni, apabila tanah pada tanaman kering, alat ini mengeluarkan air untuk menyirami tanaman.  Selanjutnya, juara 4 diraih oleh XI EF 2, dengan karya Sweeper Car, yakni alat yang berfungsi untuk membersihkan kotoran di lantai. Karya terbaik ini akan ditampilkan pada Gelar Karya P5.

Kegiatan ini membantu memastikan bahwa teknologi yang dikembangkan memenuhi kebutuhan pengguna dan standar kualitas. Dengan mengikuti tahapan perencanaan, pengembangan, pelaksanaan, pengujian, dan penilaian, peserta didik dapat menghasilkan solusi yang inovatif, efisien, dan efektif. Implementasi yang baik dari setiap tahapan P5 tidak hanya meningkatkan keberhasilan proyek tetapi juga mendorong kemajuan teknologi yang bermanfaat bagi masyarakat.